Thursday, March 23, 2006

Bagaimana Google Mengindex Sebuah Halaman Web

Buat rekan rekan yg hadir di seminar internet atau yg ingin membuat web untuk berbisnis, Pak onggo bilang kalau search engine itu adalah salesman terbaik diinternet bisnis jadi kita perlu memahami seluk beluknya.

Berikut sedikit ulasan tentang search engine paling populer didunia google. Google memiliki sebuah perangkat lunak crawler bernama Googlebot yang merupakan robot untuk melakukan indexing terhadap halaman web(sekarang bukan hanya halaman web).

Prinsipnya sederhana sekali, begitu googlebot membaca sebuah halaman web maka ia akan menambahkan dalam daftar kunjungannya serta menelusuri semua link yg ada dalam halaman tersebut.
Jadi, secara teori googlebot akan mengenali semua halaman web yangterdapat dalam sebuah situs, kecuali yang "orphan" (halaman web yang tidak memiliki link kedalam). Bisa dibayangkan volume data yang dibawa oleh googlebot, oleh karena itu googlebot didistribusikan di ratusan server yang tersebar di internet.

Selanjutnya googlebot juga melakukan index terhadap halam web yg sama secara reguler, mengingat banyak halaman web yang contentnya selalu berubah. Frekuensi kunjungan googlebot inlah yg banyak dicari webmaster untuk mendapatkan trafic. Sering tidaknya kunjungan googlebot ini tergantung dari "PageRank" halaman web tersebut (aspek yang "PageRank" ini akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Jadi seperti yang pak Onngo bilang search engine itu makannnya text!!!

Semoga Berguna,
Firdaus

No comments: