Thursday, July 06, 2006

Kami Mendapatkan Kembali Inhouse Training untuk Bank Lippo

Alhamdulillah, puji syukur kami kepada Allah SWT yang telah menetapkan rejeki bagi kami.
Minggu ini kami mendapatkan kabar bahwa perusahaan saya yang berkecimpung di bidang IT Edukasi yaitu The 400 Education Center,
www.400education.com berdiri sejak 2003, memenangi proses tender untuk penyelenggaraan training IBM AS/400 bagi peserta IT Development Program di Bank Lippo.

Bagi kami ini adalah prestasi yang dapat kami pertahankan setelah prestasi tersebut kami dapatkan pada tahun 2005 lalu. Sehingga keikutsertaan kami di ITDP Bank Lippo merupakan kali keduanya. Kami berhasil mengatasi pesaing kami yang notabene adalah tercatat sebagai IBM Business Partner sejak puluhan tahun lalu.

Proses tender tersebut dimulai pada Mei 2006 lalu, kami diminta untuk mengirimkan proposal mengikuti tender. Dan pada tanggal 9 Juni kami di undang untuk mempresentasikan perusahaan dan produk-produk serta memperkenalkan para trainer profesional kami. Saya, team Marketing dan team Trainer hadir dalam pertemuan tersebut. Pertemuan tersebut ternyata seperti sidang kuliah saja, kami dan semua team trainer diminta untuk menjelaskan dari setiap modul training AS/400. Team penilai terdiri dari 4 orang yang merupakan para manager dari setiap departemen di divisi IT Bank Lippo. Pak Warman dan Ibu Ita, trainer kami, menjelaskan modul-modul kami serta berhasil menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan oleh team penilai (photo-photo terlampir).

Pada pertemuan ini, team penilai cukup puas dengan presentasi kami, apalagi mereka mengabarkan bahwa salah satu trainer kami, Pak Ralla, di recruit sebagai karyawan di Bank Lippo baru beberapa hari lalu. Saya pun kaget mendengarnya karena baru mengetahuinya. Dan team penilai pun mengungkapkan bahwa hasil pada training tahun lalu kepada peserta ITDP sebelumnya sangat signifikan keberhasilannya. Peserta training tahun lalu sudah sangat mahir dalam penerapan AS/400 di Bank Lippo.

Kemudian pertemuan dilanjutkan pada tanggal 27 Juni lalu. Kami dipanggil kembali untuk bernegosiasi harga. Saya dan team marketing yang menghadiri pertemuan tersebut. Ternyata kali ini saya yang di sidang langsung oleh management Bank Lippo, yaitu AVP dari HR dan IT. Pertemuan ini untuk menentukan harga. Dari pertemuan tersebut terlihat sangat ketat prosesnya. Harga yang kami propose, dinegosiasikan mulai dari di nego hingga 40%. Negosiasi yang sangat alot terjadi, karena saya tidak ingin mengikuti permintaan harga dari mereka yang mengungkapkan sudah sesuai anggaran yang ada. Akhirnya kami pun menemukan win-win solution. Artinya semua dapat menerima harga yang ditetapkan dengan tidak ada yang dirugikan. Harga yang hampir mencapai 200 juta rupiah. Keesokan harinya kami mendapat telpon bahwa kami dipilih untuk tender ini. Training akan dimulai pada tanggal 24 Juli ini. Dan kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk Bank Lippo.

Mudah-mudahan dengan mendapatkan kembali kami pada proyek ini akan membuat kami berpacu untuk menjadi yang terbaik dan pemimpin dibidang training IBM AS/400. Terima kasih kepada semua team saya, team Marketing : Sofi, Yuli, team Delivery Services : Agus, Reni dan team trainer : Pak Warman, Pak Ralla, dan Ibu Ita. Semoga keberhasilan ini tidak menjadi kita lupa untuk selalu bersyukur dan terus belajar menuju yang terbaik dan semoga usaha kita ini menjadi saluran rejeki buat keluarga dan rekan kita. Amien.

Salam, Iim Rusyamsi, CEO.





No comments: