Thursday, August 17, 2006

Telkomsel 3G Technology - Era Baru Industri Telekomunikasi

Berita dari detikcom

Jakarta*, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang resmi menggelar layanan 3G untuk pengguna di Indonesia. Tak mau *kecolongan start*? Telkomsel resmi melakukan *kick-off* layanan 3G di Indonesia. "Momentum ini menandai bahwa Indonesia telah memasuki era baru industri telekomunikasi seluler yang ditandai dengan hadirnya layanan baru kombinasi suara, teks, gambar, dan video yang didukung teknologi yang berkemampuan pengiriman datasangat besar dan cepat," ujar Dirut Telkomsel Kiskenda Suriahardja, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa (14/08/2006).

Pelanggan yang ingin menikmati layanan 3G harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan dengan mengirimkan teks '3G' ke nomor singkat 3636. Kiskenda menuturkan, 10.000 pelanggan pertama akan diaktivasi saat jaringan 3G Telkomsel dibuka September 2006. Pada kesempatan sebelumnya, Kiskenda telah mencanangkan target meraih 270.000 pelanggan 3G di tahun 2006. "Bertahap, tidak bisa semua terlayani sekaligus. Karena dalam menghadirkan layanan 3G tidak bisa instan. Membutuhkan usaha dan kesiapan yang matang,"ujarnya.


Pada saat yang sama, Telkomsel melakukan penandatanganan *memorandum ofunderstanding* (MoU) dengan mitra-mitranya dalam 3G. Telkomsel memiliki mitra vendor *network* Nokia, Ericsson dan Siemens. Untuk pembangunan jaringan 3G tahap pertama Telkomsel bermitra dengan Nokia dan Ericsson,sedangkan untuk tahap kedua Siemens. Untuk *content provider* (CP) empat mitra Telkomsel adalah Surya Citra Media, MetroTV, Bizcom Network, dan PT Elasitas. Mereka menyediakan konten untuk layanan *live mobile tv*, *video on demand streaming*, serta *video download*. (wsh)*(wsh)*

No comments: