Thursday, August 02, 2007

Aktif di Komunitas membuang2 waktu?

Membaca tulisan di Blog Pak Roni tentang : Networking: Spektator atau Partisipator?

Saya setuju bahwa networking telah banyak membantu perkembangan bisnis kita. Dan dari networking pun telah banyak jalinan kerjasama termasuk para member komunitas Tangan Di Atas/TDA.

Maka para pendiri TDA pun mendorong para member untuk aktif dalam segala kegiatan di TDA baik online maupun offline.

Saya lihat banyak sekali contoh sukses dari para member TDA yang berhasil memanfaatkan aktifitas mereka di komunitas ini.

Sebut saja salah satu contohnya, Pak Hadi Kuntoro dengan Raja Selimutnya. Baru saja Pak Hadi membuka outlet selimutnya di Tanah Abang bekerjsama dengan member TDA lainnya dan banyak sekali member yang telah sukses menjual produk selimutnya.

Pada Sabtu lalu, saya berkesempatan diundang sebagai pembicara bersama Mbak Yulia di komunitas Blogfam. Saya membawakan materi Networking dan Blogging. Salah satu isi materi adalah tentang memanfaatkan aktifitas kita di blogger/internet untuk meningkatkan bisnis kita. Nah saya gunakan contoh-contoh real yang ada di TDA salah satunya blog Pak Hadi dan rekan TDA lainnya.

Masih ingat kata Mbak Anne Ahira tentang Revolusi Bisnis? Anne pun menyatakan bahwa pemanfaatan internet di negeri kita masih sebagai user/pemakai, revolusi yang ia ajukan adalah memanfaatkan internet marketing untuk meraih sukses bisnis.

Alhamdulillah sejak berdirinya TDA, founder dan member TDA telah saling mendorong untuk memanfaatkan internet untuk berbisnis.

Tips saya untuk teman2 TDA yang baru bergabung atau pun belum aktif di kegiatan2 TDA baik online maupun offline, sebaiknya secepatnya untuk Take Action.

Beberapa tips agar aktifitas kita di komunitas ini meraih sukses di bisnis :

  • Manfaatkan komunitas sebagai sarana bertanya dan belajar, hal ini telah banyak membuahkan hasil kesuksesan, banyak yang teman2 yang telah saling sharing dan membantu rekan lainnya. Dari sisi bisnis kita yang dijalankan secara online, komunitas ini malah akan menjadi peer-to-peer customer, layanan customer service secara otonomi dijalankan oleh customer kita sendiri. Asyik kan?
  • Percaya tidak percaya, kadang2 kita bisa menemukan apa yang tidak ditemukan pada Om Google. Percaya gak?
  • Dari komunitas ini pun, seperti Pak Roni yang kartu namanya terus menumpuk. Sama di komunitas ini pun demikian, contact list / Address book yang ada di Komputer maupun Henpon bertambah. Apalagi di TDA sering ada Biz conference melalui YM maka contact list Yahoo Messenger saya sudah ratusan. List-list ini penting untuk networking yang membawa rejeki bisnis kita :D
  • Dari pertemanan di TDA pasti akan menjadi customer, sudah banyak teman2 TDA mendapatkan customer dari komunitas ini. Dan tidak hanya itu, teman2 kita akan menjadi advocator customer, customer yang akan selalu memberikan referral marketing, mulut ke mulut. Udah sering ngerasain kan?
  • Membangun kredibilitas, yah dengan aktifnya kita komunitas online ini, pastinya akan membangun kredibilitas kita kepada yang lainnya. Salah satu cara membangun kredibitas adalah selalu mengupdate web/blog kita, diblog jelas ada poto dan contact kita, lalu diblog/web ada knowledge base center ( FAQ, resource link, newletter) yang membuat pengunjung datang terus ke blog kita/peningkatan traffic.
  • Dengan meningkatnya Traffic ke web/blog kita yang dikarenakan aktifitas di komunitas maka pasti akan mendapatkan Loyalitas Pengunjung dan Customer, sehingga kita mendapatkan harga yang murah untuk customer acquisition, benarkan?

Jadi manfaatkan waktu kita di komunitas ini, sehingga tidak ada kata waktu yang terbuang.
Ok cuma sharing saja dari saya, ini juga untuk mengingatkan diri saya sendiri, semoga bermanfaat.

2 comments:

Setiabudi said...

Pak Iim,
jazakumulloh blog saya sudah di-log ke blogator TDA.
Semoga kita bisa memperluas dan meningkatkan silaturahmi.

WURYANANO said...

Dear Mas Iim Rusyamsi,

Trims ya atas sambutannya.
memang saya nggak salah memilih Komunitas TDA ini.
TDA bukan sekedar mailing list biasa. Salut!

Salam,
Wuryanano