Thursday, October 25, 2007

Kenalkan Komputer Kepada Anak Kita Sejak Dini

Saya ingin sedikit sharing, saya mempunyai 2 anak, Icha (5 thn) dan Adith (3).

Saya sudah memperkenalkan komputer dan periperalnya kepada mereka sejak dini.

Anak pertama kami sudah kenal komputer sejak umur 6 bulan, begitu juga adiknya.
Kami menggunakan software-software edukasi yang untuk 'baby', salah satunya produk dari JumpStart Baby. Saat ini koleksi CD nya sudah lumayan, banyak juga yang lokal dan koleksi Islami.

Saat umur sekarang ini mereka sudah terbiasa dengan komputer, dengan PC mereka sudah bisa menyalakan dan mematikan komputer sendiri. Dan internet pun sudah biasa mereka gunakan.
Selain software-software edukasi yang kami beli, mereka juga menggunakan internet sebagai media untuk bermain, contoh web yang biasa dikunjungi adalah webnya Disney, Nickledeon, Coloring Book dan lain-lain. Sekarang malah sudah mengenal YouTube, biasanya yang dicari penggalan film anak-anak atau lagu anak-anak. Penggunaannya tentu saja dalam pengawasan kami.

Berikut sharing manfaat yang kami dapat dalam perkembangan mereka :

  1. Anak kami jadi rajin belajar (bukan hanya belajar di komputer), mengerjakan PR, mereka ikut kelas KUMON, juga menggambar.
  2. Lebih mudah mengenal kata, angka, huruf dan warna (koleksi kata dalam bahasa Inggris pun sudah lumayan).
  3. Kemampuan keterampilannya mulai tumbuh pesat dan lebih kreatif.
  4. Penggunaan mouse, keyboard, printer dan 'click and drag' pada layar sudah lancar. Jadi udah 'melek' teknologi deh. Menggunakan notebook dan PDA milik saya pun mereka sudah bisa.
  5. Menggunakan google sudah terbiasa, untuk mencari permainan / gambar kartun yang diinginkan.
Tips kami dalam memberikan fasilitas ini adalah :
  1. Berikan software edukasi yang sesuai dengan usianya.
  2. Dampingi dan bimbing dalam pemakaiannya.
  3. Buatlah sedikit aturan dalam pemakaiannya, seperti waktu penggunaan, software/site yang boleh digunakan dan lain-lain. ini juga untuk mencegah kecanduan dalam pemakaiannya.
  4. Buatlah tahap-tahapan program, seperti tingkatan-tingkatan aplikasi. Biasanya ada software edukasi yang menggunakan skala leveling/kurikulum.
  5. Rangsang daya konsentrasinya, dengan software/site dengan gambar yang penuh warna dan suara sehingga tidak membuat mereka bosan.
  6. Sebagai orangtua, kita yang seharusnya lebih dulu mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain yang memperkenalkan internet pada anak kita, sehingga mereka mengetahui dengan jelas manfaat pemakaiannya.
  7. Ruang pemakaian pun harus nyaman, sehat, ergonomis, aman (khususnya kabel-kabel listrik) dan diletakkan pada ruang keluarga (jangan dikamar anak).
Selain manfaat tentu ada yang aspek negatifnya dalam penggunaan komputer ini, maka peran orang tua yang lebih penting untuk menghindari hal negatif tersebut.

Saya sharing photo-photo anak saya yah :

Icha saat umur 6 bulan, sudah saya perkenalkan dengan notebook.

Icha lagi saya 'paksain' hehehe...

Icha umur 3 tahun dengan PC Compaq pertamanya.

Icha dan Adith lagi makai notebook dan PDA saya, melek banget deh, gak gaptek :D

Adith dengan PC Core 2 Duo -nya dan full akses internet :)

Bersama Bunda lagi cari lagu-lagu trio kwek-kwek di YouTube.com

Februari 2007, Icha sempat dirawat di RS, dia gak mau ketinggalan akses Nickledeon.


1 comment:

Anonymous said...

snmpmdox [url=http://thehowardcardenschool.org/] retete de slabit [/url] hed dieta de slabit rkpn nwpboozd wxedppxs ewne [url=http://thehowardcardenschool.org/]http://www.thehowardcardenschool.org[/url]
pksnapne [url=http://capsula-de-slabit.net] hyperslim [/url] zec produse de slabit wypm nypmtdev kppepcxs kttp [url=http://capsula-de-slabit.net/]capsula-de-slabit.net[/url]