Friday, November 18, 2005

IT Sebagai Penggerak Perubahan di Dunia Marketing

Sekarang ini dunia marketing sudah benar-benar menggunakan IT sebagai penggerak untuk meningkat sales suatu produk.
Bisa dilihat dengan mudah, belakangan ini kita sering menerima SMS dari beberapa perusahaan terutama banking area untuk menawarkan produknya kepada pelanggannya.
Tak ketinggalan Presiden RI dan Dept Kominfo pun menggunakan SMS sebagai media komunikasinya.

Dengan teknologi SMS ini mereka dapat membangun personal conversation yang dapat efektif dan efisien meningkat komunikasi pemasaran.

Sebagai faktor penggerak perubahan pasar saat ini, IT juga mulai digunakan customer untuk mendapatkan informasi dalam menentukan produk dan jasa yang akan mereka beli.
Dunia internet belakangan ini pun mulai membooming lagi, dapat dikatakan tahun ini mulai lagi sebagai era dot-com part II.

Banyak perusahaan mulai menjualkan lagi produknya di internet, walaupun lambat perkembangan bisnis internet di Indonesia, namun pebisnis saat ini tidak ingin mengulangi kesalahan seperti era dot-com sebelumnya.
Era itu pebisnis internet ingin menjual dan bertransaksi sepenuhnya di internet.
Saat ini media web di intenet mereka gunakan hanya sebatas ruang pajang atau etalase produk mereka dan untuk menyampaikan pesan-pesan khusus saja. Transaksi dan pelayanan tetap harus dilakukan secara off-line atau transfer melalui internet banking atau mobile banking dan bukan kartu kredit.

Era dot-com part II ini dibantu juga dengan faktor keamanan yang sering mengganggu akhir-akhir ini, naiknya BBM yang luar biasa dan juga kemacetan lalu lintas yang makin merajalela di Jakarta.

Pelanggan sudah mulai menentukan apa yang ingin mereka beli karena mereka semakin well-inform dengan banyaknya informasi dan penawaran di internet.
Sebagai contoh produk seperti pembelian perangkat dan asesoris komputer, pakaian, jasa delivery order untuk makanan dan lain-lain.
Hal inilah yang menimbulkan bargaining power pelanggan semakin meningkat.

Untuk itulah tantangan buat pebisnis untuk memenangkan persaingan di dunia baru ini, bahwa pergeseran prilaku pelanggan haruslah diperhatikan. Pelanggan harus semakin dipuaskan dari segi need, want dan expectation.

Kecanggihan IT juga menyebabkan perubahan pada faktor emosional pelanggan yang naik-turun. Seperti Hermawan Kartajaya sering ucapkan bahwa Bumi telah menjadi Venus. Arus informasi menyebabkan kondisi emosi pelanggan dapat berubah dengan cepat. Untuk itu bisnis kita perlu diberikan sentuhan teknologi dan produk yang dapat mengakomodasi kebutuhan emosional pelanggan yang bersifat personal. Kita dapat gunakan media SMS dan email untuk menyampaikan pesan-pesan personal tersebut.

Selamat berbisnis dengan internet, cari partner anda yang dapat membantu anda berbisnis di era Dot-Com part II. Dengan demikian anda siap berkompetisi menuju masa depan anda...competing for the future...

1 comment:

Anonymous said...

in tho posting pertamnya, ingat saya pak iim ketemu di hotel pandaran semarang?
seratjati.com