Thursday, October 19, 2006

Berbagi Keceriaan Bersama Anak-anak Yatim

Kemarin, Rabu, 19 Okt 2006 saya sekeluarga dan seluruh staf saya dari 400education.com (Sofi, Reni, Yuli dan Agus) menyelenggarakan acara berbuka puasa bersama.
Kali ini kami berbuka bersama dengan 10 anak yatim dari lingkungan kantor kami di Kemayoran.

Kami mengajak mereka makan di restoran KFC di Mangga Dua Square. Mereka sebagian besar masih berusia mulai 5 tahun hingga 13 tahun.
Mereka sangat lugu dan lucu-lucu. Terharu kami melihat senangnya mereka dapat berkumpul dan menikmati hidangan berbuka puasa.

Selain itu kami pun memberikan bingkisan lebaran dan santunan berupa uang.

Kami senang dapat berbagi keceriaan dengan mereka. Sempat kami berinteraksi dengan mereka.
Ada 2 anak yang masih duduk di taman kanak-kanak dan ada 3 anak yang sudah duduk di SMP namun ada 1 anak yang putus sekolah dan sisanya masih di SD.
Rata-rata mereka mendapatkan gratis untuk biaya sekolahnya dari sekolah pemerintah.
Dan ibu-ibu mereka rata-rata bekerja di sektor non formal seperti menjadi pembantu, tukang cuci, pedagang makanan kecil dan lain-lain.

Diantara mereka ada yang kakak beradik yaitu Aci (7 tahun) dan Umi (5 tahun), ayahnya tidak lama meninggal pada beberapa bulan lalu.
Ayahnya meninggal saat sedang bekerja sebagai kuli bangunan. Dia terjatuh dari lantai atas saat bekerja. Sedangkan ibunya kini sedang berjuang membesarkan 2 anaknya tersebut dengan bekerja sebagai tukang cuci pakaian untuk beberapa rumah.

Saya pun berkesempatan memperkenalkan anak-anak yatim tersebut kepada anak-anak saya, Alysa (4,5 tahun) dan Fathir (2,5 tahun).
Saya menjelaskan kepada anak-anak saya tentang anak yatim, kenapa mereka menjadi anak yatim dsb.

Anak-anak saya pun terutama Alysa nampak sangat mengerti dan sepanjang anak-anak yatim sedang berbuka, Alysa duduk disamping saya memperhatikan mereka seraya ingin sekali bermain dan bersahabat dengan mereka.

Di akhir acara kami memoto mereka bersama dan menitipkan pesan agar mereka menjadi anak yang berguna dan rajin beribadah.
Kami pun meminta mereka mendoakan kami dalam kesehariaan. Agar kami kelak dapat memberikan yang lebih kepada mereka nanti.

Dari acara tersebut, kami terpanggil untuk turut membesarkan dan membina mereka secara berkelanjutan.
Insya Allah setelah lebaran ini kami akan merencanakan dan melaksanakannya untuk keceriaan anak-anak yatim tersebut dalam menyongsong masa depan mereka.

Kami yakin dengan berbuat baik untuk anak-anak yatim adalah termasuk kesempurnaan ibadah kami dan juga tanda bahwa kami tidak ingin mendustakan agama kami sendiri, sesuai Firman Allah SWT :

"Dan hendaklah kamu beribadat kepada Allah dan janganlah kamu sekutukan Dia dengan sesuatu apa jua; dan hendaklah kamu berbuat baik (ihsan) kepada kedua ibu bapa, dan kaum kerabat, dan anak-anak yatim ……" QS An-Nisa, ayat 36.

"Orang itu ialah yang menindas serta berlaku zalim kepada anak yatim, Dan dia tidak menggalakkan untuk memberi makanan yang berhak diterima oleh orang miskin" QS Al-Maun, ayat 2-3.

Ya Allah...berikan kami kekuatan dan rejekiMU agar kami dapat berbuat baik yang bermanfaat untuk anak-anak yatim tersebut...Amien...

No comments: