Tuesday, October 17, 2006

RISBA (Remaja Islam Baiturrahim)

Ramadhan tahun ini saya Alhamdulillah disibukkan dengan kegiatan di masjid.
Saya sedang membina remaja masjid di komplek saya.
Mulai dari pembentukan remaja masjid tsb hingga jalannya kegiatan-kegiatannya.

Remaja Islam Baiturrahman (RISBA) bertempat di Masjid Baiturrahman Komplek Angkasa Pura Kemayoran sebenarnya sudah berdiri sejak 1995.
Namun hingga tahun 2006 tidak tampak kegiatan maupun kepengurusannnya.

Merasa terpanggil akan kondisi tersebut, saya yang baru tinggal di komplek tsb sejak tahun 2004 mencoba menggerakkannya.

Dimulai dengan dukungan tokoh-tokoh pemuda lainnya, sebelum memasuki bulan Ramadhan kami melaksanakan acara Nisfu Syaban yang tujuannya mengundang para remaja untuk berkumpul di masjid mengikuti kegiatan tersebut.

Usai acara tersebut kami langsung mengumpulkan para remaja yang hadir, dan langsung kami bentuk kepengurusan RISBA yang baru.

Dan Alhamdulillah antusias mereka sangat tinggi. Sebagian besar remaja adalah mereka yang masih sekolah dan kuliah.

Berbekal pengalaman menjadi ketua remaja masjid di lingkungan rumah orang tua saya dulu (Pademangan), saya berbagi cerita apa itu remaja masjid dan kegiatan-kegiatannya. Sehingga tak lama, kepengurusan yang baru ini langsung Take Double Action membuat serangkaian acara untuk bulan Ramadhan.

Disetiap acara kegiatan saya turut mendampingi mulai perencanaan hingga pelaksanaan.

Kegiatan yang mereka sudah lakukan pada bulan Ramadhan ini adalah:
- Santunan Anak Yatim Piatu
- Membentuk usaha mandiri : percetakan dan pembuatan website
- Sahur on the Road
- Acara harian Berbuka Puasa di Masjid
- Obrolan Puasa (Opus) setiap hari Minggu
- Marawis
- Kerja bakti di Masjid
- Pekan Semarak Ramadhan :
o Bazaar Murah
o Perlombaan Anak-anak
o Penayangan Film Dokumenter Islam (Harun Yahya)
o Pameran Komputer untuk Anak-anak (Edutainment)
o Peresmian website www.risba07.org
- Membantu kepanitiaan Zakat dan Sholat Ied

Sebenarnya potensi yang ada di komplek tersebut sangat baik, fasilitas yang lengkap, masjid yang luas, orang tua yang mendukung dan populasi remaja yang tinggi.

Dengan menggunakan potensi tersebut kami berkeinginan remaja di sekitar mulai akrab dan senang berada di lingkungan masjid.

Walaupun dengan langkah yang pelan tapi pasti, Insya Allah masjid tersebut akan makmur dengan remaja-remaja yang kreatif, inovatif dan takwa.

Pernah di satu kesempatan pengurus Masjid saat memberikan sambutannya, sempat terharu dan menitikkan airmata atas adanya kegiatan-kegiatan yang ada kali ini.

Menurutnya sepanjang masjid ini ada, belum ada kegiatan-kegiatan yang begitu semarak di masjid ini.

Pengurus RISBA tidak henti-hentinya mendapatkan ucapan selamat dari para tokoh masyarakat, pengurus Yayasan dan Masjid, pengurus RW, mereka merasa bangga dan berpesan agar dapat diteruskan kegiatan-kegiatannya tidak hanya pada bulan Ramadhan ini saja.

Itulah tantangan untuk para pengurus RISBA. Saya melihat dengan tantangan tersebut mereka malah lebih bersemangat.

Mereka berencana akan menggelar Rapat Kerja usai lebaran nanti untuk mempersiapkan program kerja pada 1 tahun ke depan.

Alhamdulillah saya pun dapat mengamalkan ilmu saya kepada mereka yaitu pembuatan website dengan Joomla.
Hanya dalam 2 hari 2 malam (hingga begadang) mereka dapat membuat website organisasi mereka dengan mandiri.

Ada kejadian yang sangat unik yaitu pada saat peluncuran website.
20 menit menjelang peresmian website tersebut oleh tokoh masyarakat setempat dan pengurus Yayasan juga disaksikan oleh para undangan (pengurus RISBA menggunakan seragam kaos yang bertuliskan nama website tsb), website tersebut offline, tidak dapat diakses.
Padahal 1 jam sebelumnya mereka baru saja mengedit satu content-nya.
Mereka sangat panik dan meminta saya untuk memeriksanya.
Saya berusaha membantu dan tetapi sedikit mengalami kendala.
Sempat menghubungi kawan saya yang pakar Joomla namun telponnya tidak dapat dihubungi.
Lalu saya cek mulai di Cpanel, MySQL hingga file configuration, semua sudah benar.
Kemudian saya cek di aplikasi FTP-nya, ternyata masih ada koneksi upload sejumlah file image yang besar.
Mungkin karena hal ini, lalu kami delete semua, dan alhamdulillah sudah bisa diakses pada detik-detik terakhir.

Dengan kejadian tersebut, mereka mendapatkan banyak pengalaman bahwa Allah telah memberikan mereka jalan seperti ini yang akan membuat mental mereka lebih kuat dan sabar menghadapi cobaan dalam menjalankan organisasi mulya ini kelak.

Untuk RISBA, selamat berjuang dan berkarya!
Kami terus mendukung dan mendoakan kalian.

Wass,
IimRusyamsi.com

Saya bersama dengan Ustadz M. Fajri dan Pak Luki (pengurus RT) usai
acara Opus dan Menjelang buka puasa bersama.

Saya dan pengurus RISBA bersama ustadz di kantor Masjid.
Saat acara Sahur On the Road

Kegiatan Marawis pada Acara Opus

Remaja putra bersama Habib.

Remaja putri pada acara Opus.

Acara Buka Bersama dengan para musafir.


No comments: