Vision and Mission Statement
*Gambar : salah satu Misi Microsoft.
Sudah lama saya tidak nulis, udah banyak yang nanyain :), kebetulan minggu lalu ada email promosi dari ActionCoach ke milis TDA mengenai event Massive Action Day Seminar pada tgl 21 Juni besok dan saya pun mendapatkan SMS dari ActionCoach untuk menghadiri seminar tersebut. Seminar ini dibuat setiap 3 bulan sekali oleh ActionCoach.
Seminar yang pernah saya ikuti pada awal tahun ini, mengingatkan saya akan 90 hari ke depan untuk merencanakan bisnis yang saya jalani.
Saat itu saya belajar bagaimana membuat "successful business plan" yang telah banyak digunakan oleh successful company sesuai dengan kurikulum ActionCoach yang tentunya disusun oleh sang Guru, Brad Sugars. Dan menyusun 90 hari action plan untuk bisnis saya.
Jadi saya harus membuka kembali catatan saya dari hasil seminar tersebut dan mengevaluasikan 3 bulan terakhir dari bisnis saya serta masukan2 yang berharga dari para pelanggan setia kami atas pelayanan yang kami berikan.
Dan sekaligus mengingatkan saya lagi untuk mengevaluasi visi, misi di perusahaan saya atas hasil bisnis terakhir yang kami dapatkan dan test and measure yang kami lakukan. Karena saya yakin visi, misi adalah hal penting yang terus berkembang.
Visi, Misi kadang terlupakan oleh kebanyakan orang dalam memulai berbisnis.
Banyak mereka yang memulai bisnisnya tanpa menset visi, misi tersebut. Nah saya pun harus kembali membuka pelajaran tentang membuat visi, misi yang saya dapatkan pada TDA GroupCoaching yang diberikan oleh ActionCoach pada tahun lalu, kebetulan saya, Pak Roni, Ibu Yulia, Pak Budi Rahmat, dan kawan TDA lainnya satu group di couching tersebut.
Sambil mengingatkan saya dalam membuat ulang visi, misi perusahaan saya tersebut, tidak salahnya saya share di milis TDA yah.
Visi bisnis haruslah sesuatu yang mungkin sulit tercapai namun pasti kita akan dapat mencapainya di masa yang akan datang...jika memang kita mau mencapainya...Visi pun haruslah kita set untuk kita menjadi yang terbaik dalam bisnis yang kita lakukan di wilayah/region atau dunia...
Visi yang kita buat haruslah dapat memberikan inspirasi dan spirit kepada seluruh team member dalam bisnis kita.
Brad Sugars bilang "Your Vision, it's not a goal..it's more of legacy...Vision Statement should entail : Core Values, Core Purpose and Envisioned Future..."
Contoh visi2 beberapa perusahaan terkemuka :
- GE : 'We bring good things to life'.
- Ford : 'to become the world's leading consumer company for automotive products and services'.
- DHL : 'we deliver whatever...'
- Microsoft : 'to help people and business throughout the world realize their full potential'
- Moz5 : 'Pusat Kecantikan Muslimah Terlengkap dan Terbesar di Dunia'
Nah sudah seperti itu belum yah vision statement bisnis kita?
Bagaimana kita menuju visi yang kita sudah buat, itulah Misi.
Misi adalah roadmap untuk mencapai visi tersebut.
Misi statement meliputi : siapa kita .. ; bisnis apa yang kita sedang lakukan? Siapa customer yang kita inginkan? Dan apa yang membedakan kita dengan yang lainnya.
Ok, saya buat ulang dulu deh visi dan misi perusahaan saya sebelum membuat 90 hari action plan. Mungkin sekarang sedikit berbeda harus lebih menggunakan hati dibanding otak dalam membuatnya...kata Pak Roni...dan lebih menjadi Inspired Vision and Mission...dan yang lebih penting adalah Inspired Action-nya agar visi misi tersebut tercapai...
Ada yang mau sharing tentang visi, misi bisnis anda?
No comments:
Post a Comment