Sunday, July 22, 2007

Revolusi Bisnisnya Anne Ahira

Pada Jumat, 20 Juli 2007 pukul 19.00 saya beserta Pak Roni Yuzirman dan beberapa founder komunitas Tangan Di Atas memenuhi undangan gala dinner dari Pak Isdiyanto, Pemimpin Umum Redaksi Majalah Wiraswasta dan Keuangan dalam acara Penganugrahan UKM dan Entrepreneur Award 2007, yang lebih lengkapnya : The Indonesia Small & Medium Business Entrepreneur Award (ISMBEA) 2007. Malam penganugerahan award ini dihadiri dan disampaikan penganugerahannya oleh Menteri Negara Koperasi dan UKM, Bapak Suryadharma Ali. Acara diadakan di Grand Ballroom Hotel Sahid, Jl. Jend Sudirman Jakarta.

Peraih award tersebut ada 16 orang yang memang bergelut memajukan peran UKM di Indonesia, dari daftar peraih ada Dewi Motik hingga Anne Ahira. Dan yang paling sukai dalam acara ini karena Pak Menteri membawakan materi
“ Percepatan Bisnis UKM Melalui Penerapan Teknologi Informasi”. Dalam paparannya Pak Menteri mengungkapkan bahwa teknologi IT sudah menjadi driver/penggerak kemajuan bisnis, untuk itu pengembangan UKM yang innovatif di masa depan adalah UKM yang berbasis dan berwawasan IPTEK yang sesuai dengan instruksi Presiden RI yang baru : Inpres No. 6 tahun 2007 tanggal 8 Juni 2007 tentang KEBIJAKAN PERCEPATAN PENGEMBANGAN SEKTOR RIIL DAN PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH.

Namun Pak Menteri mengingatkan kepada kita bahwa kendala penggunaan IT di Indonesia adalah masih kurangnya pemahaman dan penggunaan IT di masyarakat, Pak Menteri mengungkapkan bahwa data statistik yang ada dari 1.000 penduduk Indonesia hanya 13 orang yang menggunakan komputer dan dari 200 juta lebih penduduk Indonesia hanya 2.71 % yang menggunakan internet.

Di sesi akhir Anne Ahira tampil membawakan
Enterpreneurship Testimony dengan membawakan materi : "Revolusi Bisnis Indonesia dengan Internet Marketing". Anne Ahira yang diawal presentasi memperkenalkan diri kepada Pak Menteri dan hadirin juga menyampaikan prestasi-prestasinya di negeri ini dan dunia International. Anne Ahira pun sempat memperliatkan contoh-contoh slip transaksi / income ia dari internet yang mencapai ribuan dollar per bulan. Fakta-fakta pun ia sampaikan di dalam acara tersebut.

Anne Ahira mengungkap bahwa saat ini jika kita ingin membangkitkan perekonomian Indonesia, maka harus ada perubahan, revolusi bisnis. Revolusi bisnis yang harus dilakukan adalah ke arah internet marketing. Jika banyak penduduk Indonesia melakukan hal yang sama seperti ia, maka Indonesia pun akan segera bangkit dari keterpurukan. Anne pun terus melakukan roadshow dalam bentuk seminar, media publikasi lainnnya untuk mengkampanyekan revolusi ini. Ia aktif memberikan pembelajaran tentang internet marketing kepada publik umum, salah satunya dengan mendirikan Asian Brain. Dan tidak lama lagi ia akan membuat tutorial dalam bentuk animasi tentang pembelajaran internet mark
eting, yang boleh secara bebas dibajak. Ia sebut sebagai penyebaran virus internet marketing ke seluruh penduduk Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini orang Indonesia hanya menjadi USER untuk internet dan seharusnya sudah dirubah, pemakaian internet harus ke arah bisnis, yaitu INTERNET for MARKETER. Browsing di Internet haruslah menjadi sarana kita meresearch produk/jasa, email sebagai media promosi, chating sebagai media customer service, file transfer haruslah ke arah UP LOAD produk-produk kita, file multimedia sebagai salah satu media entertain ke customer semua bertujuan meningkatkan bisnis para pemakai internet.

Anne Ahira berpesan di akhir presentasinya bahwa tujuan revolusi terse
but akan tercapai apabila kita semua melakukan :
  1. Kembangkan sisi entrepreneurship di masyarakat sehingga menjadikan bangsa yang tangguh dalam kewirausahaan.
  2. Sosialisasikan penggunaan internet marketing
  3. Permudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses internet koneksi dengan murah
  4. Tumbuhkan sistem bisnis yang tidak tersentuh dengan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme)
Penyampaian materi tersebut pun diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah, Ibu Dewi Motik sampai menghampiri Anne Ahira untuk memeluknya erat sambil berucap kata : Luar Biasa dan Pak Menteri pun hingga berdiri menyalami Anne Ahira seraya beliau salut kepada generasi muda ini.

Mudah-mudahan kita semua dapat membantu dan turut serta dalam proses merevolusi bisnis di Indonesia. Dan Alhamdulillah, di komunitas Tangan Di Atas (TDA), para member telah menjadikan internet sebagai salah satu kendaraan bisnisnya. TDA pun telah dua kali mengundang Anne Ahira di seminar Internet Marketing untuk para member, klik disini untuk melihat arsipnya.

Saya bersama Anne Ahira, di seminar yang di adakan TDA pada November 2006.
Selamat kepada Anne Ahira yang telah mendapatkan penghargaan tersebut. Semoga semua langkahnya diberikan balasan yang berlipat oleh Allah SWT dan semoga Indonesia bangkit sesuai harapan Anne Ahira. Amien.

NB. : Hari Sabtu, 28 Juli 2007 saya akan hadir sebagai narasumber di acara workshop "Ngeblog sambil Ngebizz di Hotel Sofyan Tebet yang diadakan oleh Komunitas BLOGFAM, klik disini untuk lebih detail.

No comments: