Saturday, November 10, 2007

Ternyata Bung Tomo belum diakui negara sebagai Pahlawan

Hari ini adalah tanggal 10 November, kita biasa memperingatinya sebagai Hari Pahlawan. Hari Pahlawan ini ditunjuk bertepatan dengan tanggal 10 November dikarenakan pada tanggal tersebut tahun 1945, terjadi pertempuran sengit tentara dan rakyat Indonesia terhadap penjajah Belanda (NICA) yang membonceng sekutu di Surabaya.


Pekikan Bung Tomo , selakukan tokoh sentral dalam pertempuran tersebut telah memberikan semangat kepada rakyat untuk terus mempertahankan wilayah kita. Dan akhirnya Belanda berhasil diusir mundur dari wilayah kita.

Sejarah pertempuran tersebut sudah sering kita dengar dan pelajari di saat masih sekolah dulu. Dan di sekolah pula kita mengenal Bung Tomo sebagai Pahlasan kita. Hari ini saya membaca koran bahwa ternyata Bung Tomo yang kita bangga tersebut belum diakui oleh negara sebagai pahlawan nasional.

Bung Tomo di masa pemerintahan Bung Karno pernah menjabat berbagai jabatan penting mulai dari menteri dan anggota DPR. Namun sifat kritisnya terhadap Bung Karno telah menyebabkan tersingkirnya beliau. Begitu pula saat Pak Harto memimpin, malah sifat kritisnya itu telah membawa ia dipenjara. Hal ini kemungkinan yang menyebabkan beliau belum diberikan anugerah penghargaan sebagai pahlawan nasional.

Ironisnya lagi keluarga almarhum kini tinggal dengan sangat sederhana, mereka memilih mengontrak rumah kecil dibanding harus tinggal di rumah yang diberikan oleh pemerintah di kawasan Menteng. Rumah peninggalan Bung Tomo tersebut tidak ditinggali oleh keluarganya hanya karena mereka tidak sanggup membayar Pajak Bumi dan Bangunan tiap tahunnya lalu rumah tersebut dikontrakkan untuk membantu biaya hidup mereka.

Nah 2 elemen organisasi kemasyarakatan sedang mendorong pemerintahan SBY untuk memberikan perhatian khusus ini.

Semoga amal ibadah dan perjuangan para pahlawan kita diberikan balasan pahala yang besar disisi Allah.

Kini waktunya kita melanjutkan perjuangan mereka membangun bangsa ini dengan kemampuan yang kita miliki dan membantu mengentaskan kemiskinan dan penggangguran.

NB.
Sudah seminggu ini saya terganggu dengan koneksi internet yang saya gunakan, Speedy, akses ke international tidak dapat dilakukan dan kalau pun bisa sangat lambat sekali, download email saya dengan POP3 tidak bisa, penyebabnya bisa dibaca di DokterKomputer.com.


2 comments:

WURYANANO said...

Iya Mas Iim, saya juga baru tahu kalau Bung Tomo tsb tidak diakui sebagai Pahlawan Bangsa RI.

Aneh juga ya. dan, katanya untuk beri gelar pahlawan, mesti ada presentasi di berbagai daerah di Indonesia lebih dulu...baru akan dipertimbangkan nantinya sebagai pahlawan.

Tapi bagi saya arek Suroboyo, Bung Tomo jelas Pahlawan Bangsa...khususnya di Surabaya.

Salam buat Pahlawan Bangsa,
Wuryanano

Iim Rusyamsi said...

Betul Pak Nano, kemarin para warga Surabaya yang peduli hal ini mendatangi para petinggi di Jakarta, salah satunya ke Ketua DPR, namun kok mereka harus mempresentasikan dahulu ttg Bung Tomo jika mau diberi gelar pahlawan.

Wah harus perlu bantuan pak Nano nih :)

Salam
iim