Monday, December 17, 2007

GO HARD or GO HOME!!!

Saya diceritakan oleh seorang mentor bisnis, dia pernah pergi ke tempat fitness. Dia ingin mendaftar menjadi member dari tempat fitness tersebut. Sebelum mendaftar ia diajak keliling melihat-lihat fasilitas fitness yang ada oleh team sales.


Yang membuat dia heran dan bertanya-tanya adalah banyaknya poster pada dinding-dinding tempat fitness tersebut dengan kata-kata : GO HARD or GO HOME!!!.

Ia menanyakan kepada seorang trainer apa maksud dari kata-kata tersebut. Menurut trainer tersebut jika anda terdaftar sebagai anggota dari tempat ini, anda harus benar-benar berlatih sesuai tujuan anda untuk mendaftarkan diri. Kami tidak ingin uang anda sia-sia, kami tidak ingin fasilitas yang ada disini tidak bermanfaat untuk anda termasuk fasilitas personal trainer yang kami sediakan untuk anda. Jadi jika anda tidak berlatih keras disini lebih baik anda pulang saja karena anda tidak akan mencapai tujuan anda mendaftar disini.

Nah akhirnya dia mengingatkan saya pula bahwa ada hubungannya dengan bisnis kita juga.
Bila kita bekerja dengan setengah-tengah untuk bisnis kita, yah hasilnya pun tidak maksimal, hasilnya pun akan setengah saja. Jadi harus 100%.

Wah tamparan untuk saya dalam hati ... :(

Dia juga memaparkan tentang bagaimana kita harus bekerja di dalam bisnis kita.

Menurutnya ada 6 cara untuk kita bekerja....
  1. work with goal :
    bekerja dengan goal, seperti pertandingan sepakbola jika tidak ada gawang yang dituju tentu saja tidak ada hasil yang diraih hanya muter-muter saja. Maka harus ada goal jangka pendek, menengah maupun panjang. Semua akan berjalan secara proses, ikuti prosesnya namun perlu dipasang target akhir dari bisnis kita. Buatlah daftar impian anda.
  2. work hard :
    yah seperti penjelasan diatas semakin keras kita berkerja semakin jelas hasilnya buat kita. Jika kita tidak mengerjakan apa pun maka tak ada hasil yang kita raih.
  3. work smart :
    selain bekerja dengan keras, kita juga perlu bekerja cerdas. Buatlah sistem dalam bisnis kita sehingga semua berjalan dengan sistem yang ada. Fokuslah bekerja didalam membuat strategi bisnis dan hal penting lainnya yang memerlukan pemikiran kita.
  4. work with passion and believe :
    bersemangat dan percayalah dengan apa yang sedang kita kerja didalam bisnis kita sendiri. Jika kita sudah tidak yakin dengan bisnis kita, bagaimana mungkin customer ingin membeli produk kita. Customer akan mengetahui bahwa kita bersemangat dan percaya diri tidak saat menjual produk/jasa kita kepadanya. Bayangkan jika kita sedang berpresentasi di depan customer namun kita sendiri tidak percaya dengan bisnis kita sendiri.
  5. work with expectation :
    bekerja dengan penuh pengharapan. Lakukan berdoa kepada Tuhan dan teruslah berharap. Seperti para pemancing ikan, setiap mereka melemparkan kailnya selalu dengan satu pengharapan walaupun kadang dari sepuluh kali atau puluhan kali melempar kail hanya satu ikan yang terpancing. Tetapi terus dilakukan konsisten dan penuh pengharapan.
  6. work with fun :
    nikmatilah semua pekerjaan dan bisnis kita dengan gembira. Hargailah bisnis anda sendiri. Enjoy-lah dengan proses perjalanan bisnis anda maka kita akan mendapatkan hasil yang fuuntastic...
Mari bekerja dengan goal, bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja dengan semangat dan percaya kemudian bekerja dengan pengharapan serta bekerjalah dengan gembira maka kita akan menjadi pemenang dan membangun kerajaan bisnis kita.

Jadi anda ingin GO HARD or GO HOME???

2 comments:

jengnadnet & isya-ayya said...

Hmm..kayaknya bagus nih pak,
buat di newsletter BIB boleh pak??

btw, pak Iim blom ada yg kasih peer 8 resolusi 08 kan pak, hehe, dr saya ya Pak Im..

salam buat keluarga ;-)
www.jengnad.net

yuliandriana said...

Bu Nadia, silahkan utk di newsletter BIB, alhamdulillah jika bermanfaat.

PR nya udah yah. hehehe

Salam juga utk keluarga...