Wednesday, January 02, 2008

10 Alasan Kenapa Saya Membuat Resolusi 2008

Saat ini sudah berada dalam tahun 2008. Beberapa dari teman sudah membuat resolusi untuk tahun 2008 ini. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah berbagi tentang Resolusi 2008 masing-masing.

Kita sama-sama mendoakan agar semua dapat tercapai sesuai dengan tindakan dan perencanaan yang kita akan lakukan untuk sasaran tersebut.

Hal penting dalam membuat sasaran/target adalah harus sesuai dengan visi hidup kita.

Beberapa hal yang membuat saya membuat resolusi/sasaran/target untuk tahun 2008 adalah :
  1. Target memotivasi kita
    Ketika kita sudah menentukan target-target kita, maka target-target itu akan berjalan dengan dua arah : kita bekerja untuknya dan sebaliknya target-target itu bekerja untuk kita. Merancang target dan berusaha untuk mencapainya bisa merupakan tantangan yang mengasyikkan. Hal ini akan memotivasi kita untuk terus bersemangat dalam mencapai target-target tersebut, cara kita bekerja dan berpikir akan berubah. Target yang kita buat harus lebih spesifik dan pilihlah yang kira-kira bisa kita raih. Jika target yang kita buat tidak masuk akal, justru bisa mengurangi motivasi kita.
  2. Target memacu keinginan
    Tahukah anda bahwa 98 dari 100 orang tidak puas dengan kehidupannya ternyata tidak mempunyai gambaran yang tidak jelas tentang kehidupan yang mereka inginkan! Mereka tidak punya target untuk meningkatkan kualitas kehidupan mereka, juga tidak punya arah yang dituju. Akibatnya, mereka terus saja hidup dalam keadaan yang sama tanpa ada usaha untuk mengubahnya.
  3. Target memacu cara kerja
    Cara orang bekerja atau berusaha sangat bergantung pada cara mereka memandang target mereka. Kalau kita mempunyai target yang kita anggap tidak penting, maka pekerjaan yang kita lakukan untuk menyelesaikan pasti asal saja. Sebaliknya, kalau target-targetnya dianggap penting, maka penyelesaiannya pasti dianggap serius.
  4. Target membuat prioritas kita terpelihara
    Salah satu pentingnya menyusun target adalah karena hal itu membantu kita menentukan prioritas kita sehari-hari. Tanpa target, kita cenderung untuk mengerjakan hal-hal yang tidak akan menghasilkan apa-apa bagi tujuan kita.
  5. Target dapat menyalurkan dan memaksimalkan potensi kita
    Untuk mencapai potensi kita, kita harus terus memfokuskan diri pada bidang yang sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri kita dan yang berpeluang memberikan hasil yang besar. Manusia tanpa target ibaratnya seperti manusia yang mempunyai kekuatan dan potensi luarbiasa, tetapi mereka menghabiskan kekuatan itu untuk sesuatu yang kecil dan kurang berarti yang menyebabkan mereka mengabaikan apa yang seharusnya mereka bisa lakukan.
  6. Target memberi kita kekuatan untuk hidup di masa sekarang
    Orang-orang yang sukses adalah mereka yang hidup dan bekerja di masa sekarang. Karena memang di masa sekaranglah kita mempunyai kekuatan untuk memenuhi target kita. Walaupun memang benar bahwa target adalah sesuatu yang akan kita penuhi nanti, tetapi dengan target yang kita buat membuat kita bersemangat saat sekarang ini.
  7. Target memperlancar komunikasi kita
    Dengan target kita dapat menyusun ide-ide untuk masa depan kita. Selanjutnya, karena ide-ide tersebut sudah tersusun dan terfokus, maka akan lebih mudah bagi kita untuk mengkomunikasikan kepada orang lain.
  8. Target membantu kita mengevaluasi kemajuan
    Masalah yang banyak dialami oleh orang-orang yang gagal adalah karena mereka jarang mengevaluasi kemajuan. Kebanyakan dari mereka tidak sadar bahwa evaluasi diri sendiri adalah penting, selain itu ada juga yang tidak tahu cara mengukur kemajuan itu.
    Target sangat penting untuk di evaluasi. Jika target kita sudah spesifik, terukur dan wajar, maka kita dapat mengukur seberapa jauh kemajuan saat ini sesuai dengan target yang kita buat.
  9. Target memacu kita untuk membuat perencanaan/action plan
    Orang-orang yang sukses selalu lebih melakukan tindakan/action daripada bereaksi/reaction. Mereka selalu membuat perencanaan/action plan dan tidak menunggu sampai orang lain menyuruh apa yang akan mereka kerjakan. Seseorang yang tidak membuat perencanaan tidak akan pernah maju. Target membantu kita membuat rencana dan membantu kita untuk membuat langkah-langkah yang tepat.
  10. Target mengubah sasaran kita dari proses mencapainya ke hasil akhirnya
    Orang-orang yang gagal biasanya adalah mereka yang tidak bisa membedakan antara proses pencapaian (action) dan hasil yang dicapai (result) dari action tersebut. Sukses tidaknya seseorang bukan dilihat dari proses pencapaiannya tetapi adalah hasil akhir yang diperolehnya.

No comments: