Saturday, January 12, 2008

Visit Indonesia 2008, So What?

Tahun 2008 ini pemerintah kita menetapkan sebagai tahun pariwisata dengan nama Visit Indonesia 2008. Dan mengambil tema : Merayakan 100 tahun kebangkitan bangsa.


Saya hanya sedikit mengomentari melihat logo visit Indonesia ini. Saya kok kurang melihat ada nilai jual atau hal yang membuat orang mau take action untuk pergi ke Indonesia.

Dari tema yang ada sepertinya kurang cocok dengan tema wisata lalu tidak ada jargon atau keunikan atau pun simbol yang berani dari tahun kunjungan ini, kurang terlihat kreatifitasnya.

Atau jika Brad Sugars bilang dengan istilah "killing headline". Hanya Visit Indonesia 2008, biasanya para coach bisnis dari teman-teman Brad Sugars, akan menimpali : "So, what???"

Coba kita lihat keunikan tema atau jargon negeri tetangga kita :
  • Singapore dengan istilah : Uniquely Singapore : A unique blend of the best of the modern world and rich cultures to deliver enriching experiences.
  • Malaysia dengan jargon : Truly Asia : The Time is Now, The Place is Malaysia
Lalu dari sisi kampanyenya sepertinya kurang bergaung yah, contoh di Mall aja belum ada tuh spanduk2 visit Indonesia.

Kalau kita lihat di web resminya my-indonesia.info saya belum melihat adanya travelling yang dihubungkan dengan Education dan juga kesehatan, atau memang sekolah2 kita dan pusat kesehatan kita belum bisa terjual yah? Hehehe...

Namun saya tetap optimis dengan program ini, apalagi kita mempunyai luas geografi yang sangat luas dibanding negara tetangga, belum lagi jutaan tempat wisata dan jutaan kebudayaan kita. Sukses untuk Visit Indonesia 2008 yang kami banggakan, yuk kita dukung dan sukseskan, mudah2an juga membawa berkah rejeki untuk bisnis kita yah....

Maaf jika kurang berkenan, hanya opini pribadi saya saja...

PS. Web my-indonesia.info katanya memakan biaya 17 milyar rupiah, wwooowww...btw kok domainnya pakai .info yah...? Hehehe...sukses terus deh...

2 comments:

Anonymous said...

pak.ternyata yang dot com udah ada yg make tu pak..jadi web travel agent gitu ;-)

Anonymous said...

logo visit indonesia yearnya niru2 logonya malaysia. pakai warna warni gitu. memalukan

seharusnya dg duit 17 milyar, dpartemen pariwista bisa dg mudah beli domain.domnya,,

siapa sih yg gak mau jual domain .com dg 100 jt misalnya?? padahal belinya cuman 10 rb.