Friday, February 08, 2008

Public Speaking Perlu Tidak?

Beberapa hari lalu, kami menerima ajakan dari seorang teman untuk bersama-sama mengikuti workshop Public Speaking by Tantowi Yahya yang di organize oleh Prime Consulting.

Bagi kita seorang pebisnis dan mempunyai aktifitas di komunitas dan lingkungan sosial lainnya, public speaking ini sangatlah diperlukan. Charles Bonar Sirait (CBS) didalam bukunya "The Power of Public Speaking" mengungkapkan bahwa "...public speaking bukan hanya milik selebriti, setiap manusia memiliki kesempatan untuk berbicara".

Apa itu public speaking?

CBS dalam bukunya tersebut, menyebutkan bahwa Public Speaking adalah seni bicara, adalah kombinasi antara pengalaman, kemampuan diri serta seni, seni yang menggabungkan semua ilmu dan kemampuan yang kita miliki, memberanikan bicara di depan umum artinya siap menyampaikan pesan kepada orang-orang yang latar belakangnya berbeda. Dan public speaking tidak membutuhkan bakat alam, dapat dipelajari dengan latihan terus menerus berbicara dan menambah pengetahuan apa saja. Public Speaking sangat penting bagi kita yang ingin sukses.

Tantowi Yahya dalam web Tantowi Yahya Public Speaking School, mengungkapkan kapan public speaking dibutuhkan, seseorang atau sebuah organisasi akan membutuhkan public speaking antara lain dalam :

  1. Presentasi produk, sistem atau jasa
  2. Persuasi penjualan
  3. Layanan pelanggan
  4. Roadshow korporat (investasi, listing/delisting, M&A)
  5. Telemarketing/telecanvassing
  6. Wawancara (interviewer maupun interviewee)
  7. Peluncuran produk/outlet baru
  8. Jumpa pers (olahraga, budaya, bisnis)
  9. Pelatihan/pengajaran/coaching
  10. Meeting atau rapat kerja
  11. Kampanye atau penyuluhan
  12. Pembukaan cabang baru dan masih banyak lagi
Dari kenyataan di atas public speaking jelas kita perlukan untuk bisnis kita.
Alhamdulillah saya pun telah merasakan manfaat dari Public Speaking.

Di TDA sendiri, saya telah banyak mendapat kesempatan untuk belajar untuk tampil berbicara di depan umum dan saya yakin telah banyak rekan-rekan lainnya yang telah mempunyai kesempatan yang sama dengan saya untuk belajar tampil di depan umum pada aktifitas-aktifitas TDA selama ini.

Dengan dapat tampilnya kita berbicara di depan umum maka kepercayaan diri pun meningkat. Pak Ikhwan Sopa di dalam blognya, mengungkapkan bahwa orang sukses pasti percaya diri, bahwa sukses mereka, ditentukan oleh rasa percaya diri yang lebih baik saat berkomunikasi. Saat berkomunikasi dengan orang lain, dan saat berkomunikasi dengan diri sendiri.

Dan kita dapat belajar pula dari para Public Speaker yang ada di TDA seperti Pak Ikhwan Sopa, Pak Wuryanano, Pak Masbukhin, Ibu Aning, Pak Zaenal Abidin, Pak Yusef J. Hilmi, Pak Haji Alay dan lain-lainnya.

Jadi yuk kita pelajari Public Speaking...tambahkan impian anda, bahwa anda akan tampil di panggung kemenangan kegiatan-kegiatan TDA di masa datang...

1 comment:

forex said...

belajar gak ada batasannya