Tuesday, February 05, 2008

Saya diingatkan untuk "Testing and Measuring"

Di bisnis saya, DokterKomputer.com dan 4ooeducation.com, saya sedang melakukan pembenahan system di awal tahun ini, mulai dari perekrutan karyawan baru, membangun web baru hingga penerapan aplikasi baru untuk system akunting.

Sisi sales juga merupakan hal penting yang sedang kami bereskan. Alhamdulillah prospek dan coorporate customer baru terus berdatangan tiap harinya, namun yang perlu saya ketahui adalah berapa sales conversion dari prospek menjadi customer dan repeat customer. Kemudian berapa banyak cost yang keluar untuk mendapatkan customer tersebut dan dibandingkan dengan berapa profit yang diperoleh dari customer tersebut.

Saya selalu mengingatkan kepada team, jika ada prospek baru yang menghubungi kami, hal yang mendasar adalah agar selalu ditanya : dari mana mereka mengenal kami. Karena dari jawaban-jawaban prospek baru tersebut, akan membuat kami jadi mengetahui iklan mana yang efektif yang sedang kita pasang dan jika kami tidak melakukan pertanyaan tersebut mungkin kami tidak akan mengetahui mana iklan/promo yang tidak menghasilkan penjualan dan justru memboroskan dari sisi waktu dan budget.

Selama ini iklan dan promo kami lebih bersifat online marketing melalui web, direct email, publikasi atau milis-milis, selain itu juga kami melakukan direct mail, penyebaran brosur, telemarketing dan lain-lain.

Setiap promo dan iklan yang kami lakukan tentu harus kami lakukan testing dan measuring (T&M) sehingga kami mengetahui promo/iklan mana yang tidak efektif sehingga kami bisa menstop cara tersebut lalu pindah ke cara lain atau memperbaiki iklan-iklan yang sebelumnya agar dapa lebih menjual.

Sebenarnya melakukan testing dan measuring ini harus dilakukan setiap jam, tidak bisa hanya sekali-kali. Dan harus dilakukan oleh team keseluruhan dengan disiplin.

Saya teringat pada form "Daily Sheet Testing and Measuring" yang pernah diberikan oleh Action Coach saat saya mengikuti group coaching dengan mereka. Form tersebut masih digunakan oleh team sales kami sebagai daily sheet activity untuk berinteraksi dengan customer. Dari form tersebut sebenarnya kita bisa mengukur sejauh mana team sales kita bekerja untuk bisnis kita.

Saya kembali membuka-buka materi pada saat coaching tersebut dan membuat strategi sales baru lagi untuk meningkatkan sales dengan melakukan testing dan measuring secara disiplin agar target baru di tahun ini dapat tercapai.

Ada satu ebook dari Brad Sugars yang dapat di download tentang "Instant Testing and Measuring". Ebook tersebut memberikan detail bagaimana T&M harus dilakukan dan panduan pemakaian form daily sheet T&M.

Mudah-mudahan bermanfaat dan mengingatkan saya juga untuk selalu menggunakan ilmu tersebut.

Silakan di download di blog saya ini, klik di sini : http://freedownloadbiztips.blogspot.com/

No comments: