Thursday, January 25, 2007

Mastermind Group


Alhamdulillah malam ini saya berjumpa kembali dengan teman-teman TDA yang bergabung dengan Mastermind Group.
Group ini terdiri dari pengusaha muda yang bergabung dari komunitas TDA, ada Pak Roni, Pak Agus Ali, Pak Aris Permana, Pak Budi Rahmat dan Ibu Yulia.
Kebetulan tadi malam ada tamu yang kami undang yaitu Pak Joseph, pewaralaba Purwacaraka Music School yang sharing bagaimana beliau mendapatkan kredit dari Bank untuk membeli rumah2 kos-kosan baru-baru ini.

Mulai minggu ini, kami bertemu setiap 2 minggu sekali yang semula 1 minggu sekali, biasanya di Resto Ciganea.

Pak Roni pernah tulis di milis :

Berikut ini adalah pendapat Les Brown (co-author buku Kekuatan dari Fokus) mengenai kelompok mastermind:

"Kelompok mastermind kami terdiri dari lima orang. Masing-masing orang memiliki bisnisnya sendiri, terdiri dari industri yang berbeda-beda. Saat ini kelompok kami sudah empat belas tahun berkumpul. Kami tidak bersosialisasi banyak di luar pertemuan bulanan. Selama berkumpul semua orang pernah mengalami berbagai kesulitan dan menikmati berbagai prestasi. Topik diskusinya mencakup tantangan dan peluang bisnis yang ada; bagaimana caranya menciptakan presentasi yang efektif; di mana ibsa ditemukan modal ventura; dan bagaimana cara memecat karyawan kunci. Kami juga pernah mengalami kesulitan dalam pernikahan, masalah dengan anak remaja, persoalan kesehatan, krisis keuangan dan perubahan karir. Beberapa pertemuan kami pernah emosional, di mana air mata dikucurkan tanpa sungkan. Kami sekarang menikmati ikatan yang mengagumkan dan kekayaan mengetahui bahwa ketika siapa pun membutuhkan bantuan, empat orang siap dan mau memberikan bantuan segera. Sungguh posisi yang penuh kuasa. Waktu dan upaya yang dicurahkan benar- benar layak".

Wah semua hal diatas sepertinya sudah kami alami dalam kelompok Mastermind kami.

Alhamdulillah kami yang didalam kelompok ini sudah seperti keluarga dan saya senang dapat ditengah-tengah mereka. Semakin kuat keyakinan kami dalam berbisnis karena kita saling mendorong satu sama lainnya.

Kebiasaan WIFLE (What I Feel Like Expressing) yang kita kenal dari Action Coach, kita terapkan juga di setiap pertemuan kami.

WIFLE yang dari setiap anggota kelompok biasanya kami berikan kesempatan selama 2 menit untuk menceritakan apa yang ingin dia ekspresikan selama perjalanan bisnisnya dalam 1-2 minggu lalu, tapi malah melebihi dari 5 menit per anggota. WIFLE, biasanya berisi sharing, curhat, dll malah berkembang menjadi pembahasan kami.

Kalo kata Action Coach, salah satu tips WIFLE adalah "remember open and honest communication is one of the first steps in building a championship team".

WIFLE sendiri sering saya gunakan setiap meeting dengan team di bisnis saya.

Yah mudah2an kami yang di kelompok ini dapat mencapai tujuan2 kami. Dan dapat memberikan contoh kepada teman2 yang lainnya.

Nah silahkan jika ada teman2 lain yang ingin membuat kelompok Mastermind seperti kami. Nanti bisa aja dari kami secara bergilir diundang sebagai tamu. :)

Salam Funtastic!
www.IimRusyamsi.com

No comments: