Friday, June 29, 2007

Pak Cahyo, www.baju-anak.com > Pemenang Workshop Joomla Angkatan III.


Tadi siang saya mampir ke webstore Pak Cahyo, www.baju-anak.com. Pak Cahyo adalah salah satu member TDA yang masih TDB namun mempunyai semangat yang tinggi untuk menjadi TDA.

Acara TDA pertama yang ia ikuti setelah menjadi member adalah mengikuti kelas workshop TDA IT : How to design your webstore with CMS : Joomla E-commerce Edition. Workshop yang bertujuan memperkenalkan aplikasi Content Managament System : Joomla E-commerce, sehingga anggota TDA (UKM) dapat membuat webstorenya sendiri dengan aplikasi tersebut. Dan diharapkan dengan adanya workshop ini, anggota TDA mempunyai website untuk memperkenalkan dan menjual produk-produknya.

Di workshop tersebut seperti biasa di setiap acara TDA, kami memberikan tantangan untuk Action, yaitu bagi mereka yang berhasil membuat webstore tercepat dan telah online maka kami memberikan hadiah.

Gambar Pak Cahyo, dibaris kedua tengah,
yang badannya besar berkaos garis hitam.
Saat serius mengikuti kelas dan di depan juga disampingnya
ada Pak Tatang, Pak Faif dan Pak Mursal.


Dan Pak Cahyo muncul sebagai pemenangnya, hadiah berupa Kaos TDA dan Jaket dari DokterKomputer.com serta iklan baris gratis di blog Pak Roni ia raih. Dan kini webstorenya yang belum berumur 2 bulan sudah dikunjungi oleh 10.000 pelanggan dan 200 lebih pengunjung ke webstore tersebut. Siang tadi saya berkesempatan untuk mampir ke web tersebut dan memberikan ucapan selamat melalui fasilitas message yang ada di webstore tersebut. Dan dibawah ini adalah tanggapan beliau di milis TDA atas message saya tersebut.

Sekali lagi selamat untuk Pak Cahyo dan Ibu Eva, yang telah menempuh langkah awal suksesnya melalui kelas workshop yang diselenggarakan TDA IT.

Ada yang mau ikut workshop itu lagi gak yah?

==============================================

Pak Cahyo menulis :

Terima kasih Pak Iim atas email semangatnya.
Means a lot to us.


All, Karena email Pak Iim, inilah, saya ingin sharing sedikit mengenai online store kami. Yg mana ilmunya juga diberikan oleh komunitas TDA ini di bulan April. Mulai tanggal 1 Mei pembelian webhosting dan domain. Setelah itu kami langsung berusaha tancep gas, action terus. Dan tanggal 5 mei, kami launch tanpa kami sendiri kl kami sudah terjun dan basah di sini. :) Sekalian jg terimakasih buat pak anto, sbg salah satu yg ikut bantuin saya dan komporin saya. :)

Dan setelah action, mau tidak mau, kami dipaksa untuk belajar SEO (thanks untuk pak muslih utk tips nya), iklan di web, cara handle pelanggan, handle katalog barang2, sedikit kena hack, bersaing dgn sesama pedagang di web, dan improve terus webnya dengan bantuan teman2, termasuk pak wahyu.


Tak terasa, sudah hampir 2 bulan kami launch. Dan di bulan juni ini, kami sudah menembus 10.000 pelanggan, dan minimum 200 orang singgah di tempat kami setiap harinya. Dan yg lebih senangnya lagi, biasanya yg sudah ketempat kita, pasti senang browsing melihat2 baju-anaknya. Rata2 sih 10 menit yg nongkrong di web kami. Tapi banyak yg sampai 30 menit lebih. Bisa lgs di cek kok di website kami. Kami senang, karena dgn hanya melihat gambar2 kami, ternyata bikin banyak orang terhibur. Saking banyaknya yg senang berjalan-jalan di tempat kami, menjadikan website kami yg awalnya menyewa paket hosting kelas professional termurah, terpaksa di upgrade ke kelas Enterprise (seneng jg sih, ternyata website kami sudah naik kelas). Yg lebih luar biasanya lagi, kemarin, kami terpaksa minta bantuan ke webhosting kami, untuk sekali lg naik kelas ke kelas enterprise yg lbh tinggi lagi. Dua kali upgrade webhosting package. Saya sendiri pribadi, was-was, jangan2 bulan depan, kami harus siap2 naek kelas lagi.

Walaupun di back office, kami masih berantakan, dan masih kami improve.
Tapi ternyata sistem bisnis online sudah mulai di terima di masyarakat. Ini tebukti bahwa pakaian kami sudah bisa diterima dan bahkan sudah sampai di papua sana. Untuk daerah geografis, malah bbrp banyak yg datang dari malaysia. Mudah2an, sebelum Tahun baru kami sudah bisa fokus menggarap pasar ASEAN.

Target kami bulan juli, agen kami dua kali lipat dari bulan juni ini.
Penjualan per hari naik 2 kali lipat. Berhasil buka showroom (yg ini duitnya mudah2an dari ilmu propertinya pak james). Jadi bikin online store dulu baru ke offline store. :) Back office tertata. Mulai ambil pegawai, en ini means mulai mendekati kami menjadi TDA. Juga sudah mulai ekspor scr retail ke malaysia. Semoga sharing kami juga bisa menginspirasi teman2 agar lebih memanfaatkan dunia internet semaksimal mungkin.

Salam, Cahyo & Eva
http://baju-anak.com -- Baju anak & pakaian bayi

3 comments:

chaiyo said...

Makasih pak Iim atas reviewnya.

Oh iya sedikit ralat, beliau masih calon istri. Mudah2an sih nanti jadi istri saya, bila Yg Diatas berkenan.

Salam,

Cahyo
http://baju-anak.com

Iim Rusyamsi said...

Pak Cahyo,

Terima kasih kunjugannya. Mohon maaf, saya kirain... :D tapi mudah2an menjadi doa yah...

Amien...

Saya sudah koreksi yah...

Salam,
Iim

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.