Friday, November 16, 2007

Berapa tenaga kerja yang sudah anda serap saat ini?

Hari Senin lalu jika tidak salah saya membaca di headline harian terkemuka, bahwa terdapat kurang lebih 4.950 pencari kerja yang sedang ikut ujian saringan menjadi calon pegawai negeri di Departemen Kehutanan. Ujian tersebut diselenggarakan di Istora Senayan.


Saya juga ingat pada awal tahun 2007 ini sebuah televisi swasta menyelenggarakan hal yang sama di Stadion Utama Senayan, hampir kapasitas stadion terpenuhi oleh para pencari kerja. Dan kalau kita tinjau juga di setiap event job expo yang diselenggarakan para EO, selalu dipenuhi dan berdesak-desakan mereka yang mencari kerja.

Ironisnya kapasitas jumlah pegawai yang akan diterima kurang dari 10 % dari jumlah yang ikut ujian.

Kemudian hari ini saya membaca koran bahwa pemerintah mempunyai sasaran membagikan Asuransi Kesehataan untuk Rakyat Miskin kepada 74,6 juta rakyat miskin. Menurut data BPS terdapat 34juta rakyat yang tergolong rakyat miskin.

Adalagi yang menarik di koran hari ini, ada seorang politus mengajak pembaca untuk memerangi kemiskinan dengan menciptakan 10juta lapangan pekerjaan.

Kita ingat saat ini para konglomerat seperti Chaerul Tanjung dan Ciputra sudah mencanangkan bahwa 2030 Indonesia terbebas dari kemiskinan dan pengangguran. Di TDA sendiri pernah dicanangkan hal yang sama, targetnya pada tahun 2020, malah 10 tahun lebih cepat.

Jika dana asuransi yang akan diberikan oleh pemerintah kepada 74juta rakyat miskin hanya diberikan kepada sejumlah rakyat miskin berdasarkan data BPS yaitu hanya 34 juta, sehingga tidak 2 kali lipatnya dan malah yang tidak miskin mendapatkan jatah asuransi tersebut, khawatir akan menjadikan mereka rakyat yang pemalas.

Andai saja kelebihan dana tersebut diberikan kepada sektor riil, para pengusaha UKM, yang tentu akan menciptakan lapangan kerja yang melimpah atau diberikan kepada para generasi muda yang mempunyai jiwa kewirausahaan untuk lebih dididik sehingga mereka menjadi generasi yang mandiri dan dapat membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan dengan membuka lapangan pekerjaan untuk teman-temannya.

Alhamdulilah, di TDA sudah banyak teman-teman yang membuka usaha dan kemudian memberikan kesempatan kepada para pencari kerja. Saat ini member TDA ada 1400, seandainya saja rata-rata mereka memperkerjakan 3 orang tenaga kerja berarti sudah 4.200 tenaga kerja terserap lalu seandainya masing-masing tenaga kerja mempunyai tanggungan seorang istri/suami dan seorang anak maka sudah 12.600 jiwa (termasuk tenaga kerjanya) terbantukan dari kemiskinan. Bayangkan jika member TDA menjadi 10.000 lalu masing menyerap 50 tenaga kerja?

Mudah-mudahan kita semua terus meningkatkan usaha/bisnis kita sehingga usaha kita ini menjadi saluran berkat dan rahmat kepada banyak orang dan menjadikan saluran amal pahala kita di akhir kelak. Sehingga misi TDA yang akan membawa Indonesia pada tahun 2020 terbebas dari kemiskinan akan terwujud. Dan sesuai dengan visi TDA, Bersama Menebar Rahmat.

Jadi berapa tenaga kerja yang sudah anda serap saat ini?

No comments: