Saturday, November 17, 2007

Inilah Impiannya Adith

Sabtu pagi ini, waktunya saya bersama keluarga. Kebetulan ada beberapa acara keluarga yang kami akan ikuti. Saya ingin sharing tentang impian anak saya yang kedua, Fathir Radithya Athar, kami memanggilnya Adith. Adith saat ini berusia 3 (tiga) tahun.

Adith in action

Adith sejak ia berusia 1 (satu) tahun sudah saya biasakan untuk berafirmasi tentang keinginannya.
Tiap pagi setiap bangun tidur dan setiap mau tidur, saya selalu bertanya ingin menjadi apa? atau mau punya apa? dan lain-lain agar mereka berani bermimpi dan mempunyai cita-citanya.

Anak-anak saat kecil ini masih mudah kita arahkan agar mereka mempunyai impian yang sesuai kita inginkan. Misalnya saya selalu bilang kepada Adith agar ia mempunyai cita-cita menjadi pengusaha, maka setiap hari jika saya tanyakan ia jawab : 'Pengusaha' beberapa bulan kemudian saya ganti agar ia bercita-cita menjadi presiden, maka jika saya tanya tiap harinya, ia jawab : 'Presiden'.

Nah sekarang ini Adith sudah mengenal beberapa tontonan di televisi, pengaruh televisi sangat pesat terhadap perkembangannya, kami berusaha dengan baik mengontrol dan mengawasi tontonan yang ada. Perubahannya adalah setiap saya tanya apa cita-citanya, ia menjawabnya sesuai dengan apa yang ia tonton di televisi pada hari ini. Ia menyebut nama tokoh-tokoh super hero yang ada di tv, seperti Spiderman, Power Ranger, Ultraman hingga si Entong (nah yang ini saya kurang kenal).

Adith as superhero

Jadi saat ini jika saya tanya mau jadi apa nanti, ia jawab dengan lantang, 'mau jadi Power Ranger', dengan gaya seperti orang ingin berperang. Wah ketawa saya dibuatnya. Lalu saya berikan pengertian tentang impian dan cita-cita secara pelan-pelan. Agar ia tidak seperti ayahnya, yang baru mengetahui impian setelah lepas SMA, saat itu bingung mau kuliah apa.

Adith with the real hero

Tips dari saya adalah bahwa semua orang pasti mempunyai impian namun tidak semua orang tersebut berani untuk bermimpi...

2 comments:

yaya said...

Dear Adith...

kalau besar seperti papanya aja, yang bisa memberi inspirasi ke banyak orang :)

Iim Rusyamsi said...

Halo Tante Yaya,

Terima kasih yah, doain Adith...
Juga doain ayah dan bunda...

Salam,
Adith