Thursday, January 17, 2008

Azim Premji, "Bill Gates" dari India. Bakal ada gak seperti ini dari TDA IT?

Saya baru saja membuka-buka buku baru yang saya beli, Azim Premji, "Bill Gates" Muslim dari India terbitan Mizan. Saya turut bangga ada seorang Asia dan Muslim yang mempunyai prestasi luar biasa. Melalui perusahaan yang ia bangun, Wipro, perusahaannya termasuk 100 perusahaan teknologi paling termuka di dunia menurut Business Week dan menempati urutan ke-7 dalam daftar 100 perusahaan outsourcing paling terkemuka di dunia serta pendapatan perusahaannnya adalah mencapai 2,4 miliar dollar per tahun.


Wipro adalah perusahaan pengembang piranti lunak untuk perusahaan-perusahaan multinasional seperti Nokia, NEC, Cisco System dan Sun Microsystem. Operating system pada telpon genggam adalah juga hasil karya perusahaan ini.

Selain software Wipro juga adalah menyediakan jasa untuk pemeliharaan infrastruktur jaringan komputer, intergrasi system IT, manajemen system, konsultasi IT, riset, R&D dan rekayasa produk hardware.

Wipro telah menyaingi IBM Global Consulting dan Accenture dan para raksasa outsourcing IT. Bahkan sekarang perusahaan konsultasi global, IBM dan Accenture telah meniru Wipro dengan menginventariskan miliaran dollar di India.

Dengan prestasi di bidang teknologi informasi seperti itu, Azim Premji sering dijuluki "Bill Gates" dari India atau Raja Teknologi India. Saat ini warga desa di India berharap anak mereka kelak bisa menjadi insinyur perancang software karena terinspirasi oleh Azim.

Kesamaan Azim dan Bill Gates bukan hanya dari bisnis teknologi yang mereka kembangkan. Mereka juga sangat mempunyai rasa sosial yang tinggi. Azim memiliki yayasan amal yang bergerak di bidang pendidikan. Azim membantu pendidikan di daerah-daerah pedesaan miskin, memberikan 5 juta dollar per tahun.

Ada tips dari Azim untuk bisnis IT di masa depan dalam menghadapi persaingan bahwa : "Saya kira, ini bukan soal siapa yang akan menang dan siapa yang akan kalah. Menurut saya, pada masa yang akan datang, kita akan melihat tingkat kemitraan yang jauh lebih tinggi."

Alhamdulillah di komunitas TDA IT, kemitraan ini sedang dirancang dengan baik. Mudah-mudahan akan ada Bill Gates dan Azim Premji dari TDA.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca bukunya.

No comments: