Friday, January 18, 2008

Franchise Bisnis = Kapitalis Bisnis Model Baru?

Pada meeting klub dengan beberapa pebisnis pada beberapa hari lalu, seorang teman yang pebisnis melemparkan ide untuk bagaimana seharusnya seorang yang sudah sukses membantu orang yang baru ingin berbisnis. Menurutnya dengan metode franchise/waralaba sama saja dengan kapitalis baru dalam berbisnis.

Para pembeli franchise atau pewaralaba kadang ditinggal begitu saja dalam menjalankan bisnis barunya tersebut oleh sang pemilik waralaba/franchisor. Pemilik waralaba tinggal mengambil bagiannya setiap bulan tanpa peduli untung atau rugi. Dan tidak sedikit pewaralaba yang gagal dalam bisnis waralaba tersebut.

Teman saya ini memberikan ide untuk para pebisnis baru yang memang mempunyai modal ini, sebaiknya digandeng dengan pebisnis yang sudah sukses dan menawarkan saham bisnisnya kepada pebisnis baru tersebut.

Pebisnis yang sudah sukses akan mendapatkan dana segar untuk pengembangan bisnisnya dan pebisnis baru dapat langsung terjun turut menjalankan dan mengembangkan bisnis yang telah menjadi bagiannya. Atau pebisnis baru tersebut bisa menjadi seperti investor saja dari bisnis yang sudah terbukti sukses dan bagus tersebut.

Menurut saya ini ide menarik dan dapat membantu teman-teman yang ingin berbisnis. Jadi mudah-mudahan ini tidak hanya menjadi ide dan wacana saja, tetapi kemitraan ini dapat diterapkan dalam bisnis yang ada, jika memang ide tersebut dapat kita terima.

No comments: